Kamis, 09 Mei 2013

MATERI J2ME


I.         Pengertian J2ME
J2ME (Java 2 Micro Edition) merupakan subset dari J2SE yang ditujukan untuk implementasi pada peralatan embeded system dan handheld yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunakan J2SE.
J2ME adalah teknologi Java yang diperuntukkan untuk perangkat-perangakat kecil consumer device , terutama wireless. Beberapa perangkat wireless antara lain PC, PDA, communicator, embedded device, smart card dan ponsel. Teknologi Java mungkin merupakan satu-satunya cara memprogram beberapa perangkat, berbagi logic antara perangkat dan server, pengantaran aplikasi secara dinamis, program yang kompak, lingkungan pengembangan yang aman dan cepat. J2ME memungkinkan perangkat lunak dapat di-download perangkat sekaligus memungkinkan layanan yang dapat disesuaikan di beragam perangkat.
J2ME menyediakan platform standar untuk pengembangan perangkat wireless. J2ME terdiri atas perangkat-perangkat komponen sebagai berikut:
  1. Java Virtual Machine (JVM), komponen untuk menjalankan program-program Java pada emulator atau handheld device.
  2. Java Application Programming Interface (API), merupakan kumpulan library untuk menjalankan dan mengembangkan program Java pada Handheld Devices.
  3. Tools lain untuk mengembangkan Java, semacam emulator Java Phone, Emulator Nokia, Emulator Siemens dan Emulator Motorola.
Dengan keluarnya versi 1.2, platform Java telah dipilah-pilah menjadi beberapa edisi :
The Standard Edition(J2SE), Enterprise Edition(J2EE), Mobile Edition(J2ME), dan JavaCard API.
J2SE – Java 2 Platform, Standard Edition
Aplikasi Desktop
J2EE – Java 2 Platform, Enterprise Edition
Aplikasi enterprise dengan fokus pada
pengembangan sisi webserver, termasuk
servlet,JSP,EJB, dan XML
J2ME – Java 2 Platform, Micro Edition
Perangkat Mobile
JavaCard
Smart Cards


Gambar 1: Platform Java

Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu sistem J2ME. Ia menggambarkan core library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan.



 

Gambar 2: Arsitektur J2ME

Sebuah profile memberikan library tambahan untuk suatu kelas tertentu pada sebuah perangkat. profile-profile menyediakan user interface(UI) API,persistence, messaging library,dan sebagainya.

Satu set library tambahan atau package tambahan menyediakan kemampuan program tambahan. Pemasukan package ini ke dalam perangkat J2ME dapat berubah-ubah karena tergantung pada kemampuan sebuah perangkat. Sebagai contoh, beberapa perangkat MIDP tidak memiliki Bluetooth built-in, sehingga Bluetooth API tidak disediakan dalam perangkat ini.

II.    J2ME Configuration
J2ME Configuration mendefinisikan lingkungan kerja J2ME runtime. Oleh karena setiap handheld device memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda, J2ME Configuration ini dirancang yaitu menyediakan library standar yang mengimplementasikan fitur standar dari sebuah Handled device.
Ada dua kategori J2ME Configuration yaitu :
  •  CLDC ( Connected Limited Device Configuration ) 
Digunakan untuk aplikasi java pada perangkat-perangkat keras dengan ukuran memori yang sangat terbatas, yaitu pada kisaran 160 samapi 512 KiloBytes, seperti handphone, organizer atau PDA seperti PALM, Poket PC dan two way pagers.
  •  CDC (Connected Device Configuration )
Digunakan untuk aplikasi Java pada Handheld devices dengan ukuran memori paling tidak 2 Megabytes, seperti : Internet TV, Nokia, Communicator dan car television.
Tabel Perbedaan antara CLDC dan CDC

Configuration menggambarkan:
  •  Subset bahasa pemrograman JAVA
  •  Kemampuan Java Virtual Machine(JVM)
  •  Core platform libraries
  • Fitur sekuriti dan jaringan

III.      J2ME Profile
Suatu profile menggambarkan set-set tambahan dari API dan fitur untuk pasar tertentu, kategori perangkat atau industri. Sementara configuration menggambarkan library dasar, profile-profile menggambarkan library yang penting untuk membuat aplikasi-aplikasi efektif.
Library ini memasukkan user interface, jaringan dan penyimpanan API.
Kategori J2ME Profile saat ini, yakni :
  • Mobile Information Devise Profile
MIDP menyediakan librari-librari java untuk implementasi dasar antarmuka (GUI), imp-lementasi jaringan (networking), database dan timer. MIDP dirancang khususnya untuk wireless phone dan pager.
  • Foundation Profile
Profile dasar untuk non-GUI network device pada CDC
  • Personal Profil, RMI Profile, Personal Digital Assistant Profile
Standar grafik, Generasi selanjutnya dari lingkungan personal java, dan RMI yang support untuk CDC dan profile standart device.

Jenis-jenis aplikasi J2ME Saat ini terdapat dua jenis aplikasi J2ME yaitu:
a.       Walled garden application yaitu aplikasi yang berdiri sendiri atau standalone yang berjalan pada handphone tanpa perlu mengakses sumber data eksternal melalui jaringan pembawa atau carier network. Contoh dari aplikasi ini adalah kalkulator atau single player games.
b.      Network aware application yaitu aplikasi yang berinteraksi dengan jaringan. Tidak seperti aplikasi pertama, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengakses sumber daya eksternal. Contoh dari aplikasi jenis ini adalah aplikasi email yang berada pada handphone, aplikasi untuk mendapatkan kembali data alamat-alamat yang tersimpan melalui jaringan, dan pengiriman email berbagai alamat melalui jaringan data.

IV.      CLDC
The Connected Limited Device Configuration (CLDC) menggambarkan dan menunjuk pada area berikut ini:
  •  Fitur Bahasa Java dan Virtual Machine(VM)
  • Library dasar(java.lang.*,java.util.*)
  • Input/Output(java.io.*) 
  •   Kemanan
  • Jaringan
 Internationalization

V.         CDC
Connected Device Configuration (CDC) adalah super set dari CLDC. CDC menyediakan
lingkungan Java runtime yang lebih luas dibandingkan CLDC dan lebih dekat kepada lingkungan J2SE.

CDC Java Virtual Machine (CVM) mendukung penuh Java Virtual Machine (JVM). CDC berisi semua API dari CLDC. CDC menyediakan suatu subset yang lebih besar dari semua class J2SE.

Seperti CLDC, CDC tidak menggambarkan setiap class UI. Library UI digambarkan oleh profileprofile
di bawah configuration ini.
Semua class yang terdapat dalam CDC datang dari package ini:
  •   java.io
  •  java.lang 
  •    java.lang.ref
  •  java.lang.math
  •  java.net
  •  java.security
  •  java.security.cert
  •   java.text
  •   java.util
  •   java.util.jar
  •   java.util.zip

VI.      JTWI
The Java Technology for the Wireless Industry (JTWI) menetapkan satu set jasa dan spesifikasi standar. Berdasar spesifikasi JTWI, kata kuncinya adalah “untuk memperkecil fragmentasi API di dalam pasar telepon mobile, dan untuk mengirim spesifikasi yang dapat diprediksi,spesifikasi yang jelas untuk perangkat pabrik, operator, dan pengembang aplikasi”.

Dengan penyesuaian kepada JTWI, banyak aplikasi akan berjalan di suatu set yang lebih luas pada perangkat. Perangkat pabrik juga akan beruntung karena sebuah aplikasi yang besar akan tersedia untuk perangkat mereka.



 

Gambar 3: komponen JTWI

VII.   MIDP
The Mobile Information Device Profile (MIDP) berada di atas dari CLDC. Anda tidak bias menulis aplikasi mobile hanya dengan menggunakan CLDC API. Anda harus tetap memanfaatkan MIDP yang mendefinisikan UI.
Spesifikasi MIDP, kebanyakan seperti CLDC dan API lainnya sudah digambarkan melalui Java Community Process (JCP). JCP melibatkan sebuah kelompok ahli berasal dari lebih dari 50 perusahaan, yang terdiri atas pabrik perangkat mobile, pengembang software. MIDP terus berkembang, dengan versi-versi masa depan yang telah lulus dari proses ketat JCP.

VIII.MIDlet
MIDlet merupakan aplikasi yang dijalankan pada sebuah perangkat handheld. MIDlet tidak berinteraksi langsung dengan hardware dari handheld devices, melainkan berinteraksi melalui AMS (Application Management Software). AMS inilah yang akan menerima sinyal dari MIDlet bahwa MIDlet akan dijalakan atau berhenti.
MIDP mendefinisikan kelas-kelas library berikut untuk membangun aplikasi:
a.       Javax.microediton.midlet, merupkan package yang berisi kelas-kelas untuk mengatur daur hidup midlet.
b.      Javax.microedition.lcdui, merupakan package yang berisi kelas-kelas yang user interface dan pemrograman GUI.
c.       Javax.microedition.io, merupakan.package yang berisi kelas-kelas dan antarmuka untuk midp pemrograman jaringan.
d.      Javax.io, java.lang and java.util, merupakan package yang berisi I/O, language dan kelas-kelas utility.



DAFTAR PUSTAKA

Ksatria,Delly. Materi tentang J2ME.[online] Tersedia: ( http://dellyvampss.blogspot.com/ )
diakses pada minggu,27 mei 2012.
Jeni.Pengembangan Perangkat Mobile.Pdf

 
Identitas Diri :
Nama : Nuria Sari
Nim   : 1100631005
Kelas : MI.A

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar